Jumat, 21 Oktober 2011

Pendidikan Usia Dini awal mencetak anak yang di harapkan

Assalamu'alaikum  wb.....wr.....


    salam sejahtera buat kita semua, semoga semua selalu dalamkeadan sehat semua........


Pendidikan Anak Usia Dini


  Pada dasarnya pendidikan itu di mualai dari keluarga kita untuk mencetak Akhlak anak yang mulia diawali dari anak masih berusia Balita, pada usia balita otak anak sedang berkembang dan mudah untuk manerima dan  menyimpan segala masukan dari luar diri mereka baik itu orang tua maupun masyarakat sekitar. Usia Balita juga di kategorikan sebagai usia yang rawan untuk menjadikan sikap anak dewasa nanti,karena pada usia dini apabila kita salah dalam memberikan pendidikan maka akan berakibat sangat fatal untuk kehidupan nya.
   
    Terkadang Orang tua hanya memfokuskan anak bermain dan belajar dengan alasan untuk memepercepat tumbuh kembang anak tanpa ada arahan dan pendampingan yang insetif, padahal anak di saat usia pertumbuhan harus banyak didamping dan di arahkan ke hal yang baik serta bernilai positif bagi dewasa nya nanti sehingga ia akan memiliki kepribadian yang baik, sopan dan berakhlak mulia.


   Semua itu harus diawali dari keluarga, karena anak adalah bagian dari keluarga yang baru maka perlakukan lah anak sesuai kodratnya  dan bimbinglah ia sedikit demi sedikit dengan menyesuaikan kemauan anak serta mengarahkan ke hal-hal yang baik, perkenalkan lah anak dengan anggota keluarga yang lain agar ia tahu siapa saja yang ada di keluarga, perkenalkan lah juga si anak dengan  yang ada di sekitarnya dengan memberi penjelasan yang mudah di terima dan di ingat oleh anak.
  
  Berilah contoh serta sikapyang baik dalam kesehariannya misal nya dengan memanggil kakak pada yang lebih tua dan memanggil adik pada yang lebih muda, agar tak terbiasa si anak memanggil namanya terkecuali dengan teman yang sebaya, karena apabila di biarkan maka anak seperti tak mempunyai rasa hormat kepada orang lain terutama ke yang lebih dewasa bahkan bisa kepada orang tua nya sendiri.


 Dampingi lah selalu si anak dalam bermain terutama apabila pada saat di luar lingkungan keluarga atau masyarakat karena disini si anak akan banyak melihat serta mengamati apayang ia lihat dan mungkin bisa sebagai contoh si anak dalam berperilaku, dalam sehari-hari ajari anak saling memberi dan berprilaku baik pada rekan sebaya nya.  


 Dan yang harus selalu di ingat bagi Orang tua serta anggota keluarga janganlah memarahi anak apabila anak melalukan kesalahan, tapi kasih tau lah si anakdengan lemah lembut dan jangan dengan cara yang kasar karena si anak akan selalu mengingatnya itu sebagai pelajaran baginya,dan jangan lah bertengkar di depan anak apa bila sampai terjadi kekerasan dalam rumah tangga itu akan mengakibatkan anak merasa ter tekan.


 Moga coretan ini ada manfaat bagi semua pengunjung di sini saran dan masukan anda sangatlah berarti bagi saya terima kasih.

  Semoga anak kita manjadi anak yang Sholeh/sholehah


Wassalamu'alaikum...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar